PROFIL
DIREKTORAT SARANA DAN PRASARANA

Direktorat Sarana dan Prasarana adalah salah satu direktorat di lingkungan Universitas Airlangga yang memiliki tugas utama menyelenggarakan pengelolaan dan administrasi bidang sarana prasarana, keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan dan melaksanakan urusan perencanaan, pengembangan, pemantauan, pelayanan sarana prasarana, keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan. 

Aktivitas Sarana dan Prasarana

Perencanaan :

  1. Melakukan pengawasan selama masa pembangunan gedung, fasilitas, dan sarana prasarana pembelajaran di lingkungan Universitas Airlangga.
  2. Melakukan perencanaan dan membuat site plan pengembangan seluruh kampus di lingkungan Universitas Airlangga.
  3. Melakukan perencanaan dan pengawasan pembangunan  sarana, prasarana, dan utilitas umum di lingkungan Universitas Airlangga yang meliputi: jalan dan utilitas umum luar gedung (yaitu saluran air, jaringan pipa, jaringan listrik, jaringan telepon, dan fasilitas pendukungnya), namun tidak meliputi lanskap (yaitu taman, pohon, patung, prasasti, ruang terbuka, serta kolam dan sejenisnya).

Pemeliharaan : 

  1. Melaksanakan pengaturan penggunaan listrik dan air di lingkungan Universitas Airlangga.
  2. Menjaga ketersediaan daya listrik dan air secara ekonomis dan terpercaya bagi gedung, fasilitas, dan sarana prasarana pembelajaran milik Universitas.
  3. Melakukan pemeliharaan sarana, prasarana, dan utilitas umum di lingkungan Universitas Airlangga, yang meliputi: jalan dan utilitas umum luar gedung (yaitu saluran air, jaringan pipa, jaringan listrik, jaringan telepon, dan fasilitas pendukungnya), namun tidak meliputi lanskap (yaitu taman, pohon, patung, prasasti, ruang terbuka, serta kolam dan sejenisnya).
  4. Melakukan pemeliharaan serta perawatan kebersihan dan keindahan gedung, fasilitas, dan  sarana prasarana pembelajaran milik Universitas Airlangga.
  5. Bertanggung jawab atas keindahan penampilan fisik dan kebersihan gedung, fasilitas umum, dan sarana prasarana milik universitas.
  6. Melaksanakan koordinasi dan komunikasi dengan unit lainnya untuk membangun standar pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas pembelajaran milik Universitas.

K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)

  1. Merencanakan, menyusun, mengimplementasikan, memantau, dan melaporkan program K3 di lingkungan Universitas Airlangga.
  2. Memberikan dukungan bagi kegiatan belajar mengajar, riset, laboratorium, kandang ternak, bengkel agar berlangsung secara sehat, aman, selamat, dan ramah lingkungan.

Pengelolaan : 

  1. Mengatur penggunaan gedung, fasilitas, dan sarana prasarana di lingkungan Universitas Airlangga yang digunakan bersama, baik oleh stakeholder internal maupun eksternal, namun tidak termasuk ruang-ruang pada gedung di lingkungan Kantor Manajemen Universitas Airlangga yang terdiri dari Gedung Airlangga, Amerta, dan Kahuripan.
  2. Melakukan pengelolaan gedung, fasilitas, dan sarana prasarana pembelajaran milik Universitas Airlangga.
  3. Berkoordinasi dengan pimpinan fakultas, pusat, badan, lembaga serta direktorat berkaitan dengan penerapan kebijakan pemanfaatan gedung, fasilitas, dan sarana prasarana milik Universitas yang digunakan bersama.
  4. Penyewaan properti seperti ruang perkantoran, ruang rapat, ruang auditorium, ruang pelatihan dan fasilitas olahraga.
  5. Melaksanakan kegiatan pelayanan penjaminan mutu, ketatausahaan dan rumah tangga yang terkait dengan pemanfaatan gedung, fasilitas, dan sarana prasarana milik Universitas.

Sistem Informasi :

  1. Menyusun sistem dan prosedur pemanfaatan gedung, fasilitas, dan sarana prasarana milik Universitas yang digunakan bersama.
  2. Menyusun rencana pengembangan sistem informasi yang berkaitan dengan pemanfaatan gedung, fasilitas, dan sarana prasarana pembelajaran milik Universitas yang digunakan bersama.

 

 

PIMPINAN

Nugroho Sasikirono, SE.,MM.

Nugroho Sasikirono, SE.,MM.
Direktur - Sarana dan Prasarana

Drs. Junaidi

Drs. Junaidi
Kasubdit - Perencanaan, Pemeliharaan dan K3

Jerry Gogot Hardianto, S.KM.

Jerry Gogot Hardianto, S.KM.
Kasie - Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Asep Devi Hirmawan, ST.

Asep Devi Hirmawan, ST.
Kasie - Perencanaan

Ainur Rofiq, S.Pd.

Ainur Rofiq, S.Pd.
Kasie - Pengelola Fasilitas

  Kirim