Fasilitasi Sivitas Kendaraan Ramah Lingkungan, SPKLU Hadir Sebagai Pelengkap

SARPRAS - Sebagai upaya mendukung komitmen Universitas Airlangga (UNAIR) menjadi Green Campus dan mewujudkan kawasan Net Zero Emission (NZE) atau Nol Emisi Karbon, Direktorat Sarana dan Prasarana (DITSARPRAS) telah menyediakan beberapa jenis kendaraan listrik beserta penyediaan infrastruktur, salah satunya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

 

SPKLU berupa EV charging adalah infrastruktur yang digunakan untuk mengisi kendaraan listrik. Perkembangan kendaraan listrik harus didukung dengan ketersedian SPKLU agar pengguna tidak mengalami kendala dalam pengisian baterai.

 

Hingga Juli 2023, DITSARPRAS memiliki 150 unit sepeda listrik. Sepeda listrik yang ada telah dialokasikan ke beberapa gedung, seperti Dormitory Putri UNAIR dan beberapa unit disumbangkan ke unit bisnis/lembaga yang ada di UNAIR.

 

Pengadaan kendaraan listrik dan SPKLU diupayakan akan terus mengalami kenaikan. Hal ini dilakukan sebagai tonggak awal dalam mewujudkan UNAIR Green Campus

 

Untuk SPKLU sendiri, DITSARPRAS telah menyediakan tiga stasiun pengisi daya bertenaga surya atau solar charging station kendaraan listrik di area Dormitory Putri 2 unit dan area Gedung Kuliah Bersama Kampus C (GKBC) 1 unit.

 

Stasiun pengisian daya portabel ini terdiri atas tempat duduk dan satu stop kontak. SPKLU ini dapat digunakan untuk pengisian daya elektronik berdaya rendah seperti handphone, tablet, serta kendaraan listrik (sepeda listrik dan motor listrik). 

 

Satu stop kontak yang berada di samping kanan, dapat digunakan untuk pengisian daya sepeda listrik, dan terdapat tempat duduk di sisi lainnya sembari menunggu proses pengisian daya selesai. 

 

Karena tidak ada petugas khusus yang berjaga, maka sivitas pengguna harus dapat menjaga barang-barang berharganya saat pengisian daya itu secara mandiri.

Fasilitas ini disediakan untuk mendorong civitas UNAIR dalam proses pergeseran energi yang kotor menjadi energi bersih dengan beralih menggunakan kendaraan listrik.

DITSARPRAS akan terus mendukung segala upaya UNAIR untuk mewujudkan kawasan Net Zero Emission (NZE). Kedepannya, DITSARPRAS akan terus menambah kehadiran SPKLU di kawasan lain, sehingga seluruh civitas UNAIR dapat memanfaatkannya.

Dukungan DITSARPRAS dalam menjadikan UNAIR sebagai greenmetric dilakukan dengan menyediakan SPKLU dan dari tahun ke tahun, jumlah akan terus ditambah untuk dapat mengurangi emisi karbon dan mendukung ekosistem kendaraan listrik yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan.

 

  Kirim