Demi Kampus Nyaman, UNAIR Maksimalkan Gedung Parkir Guna Pemasangan Panel Surya

SARPRAS - Tujuan besar Universitas Airlangga (UNAIR) “Responsive and Lean Management” dalam peningkatan kualitas fasilitas dan daya jasa selangkah demi selangkah akan terwujud secara utuh. 

 

Pengalihan sumber energi dari sumber energi tak terbarukan ke sumber energi terbarukan (renewable energy) yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari juga menjadi langkah UNAIR dalam mewujudkan tujuan besar tersebut, termasuk pemanfaatan sumber energi surya (solar energy). 

 

Setelah berhasil menyediakan gedung parkir bertingkat di beberapa titik di area kampus B dan C dalam rangka mengimplementasikan kebijakan UNAIR terkait kawasan Zero Carbon Emission (bebas emisi karbon), kini Direktorat Sarana dan Prasarana (DITSARPRAS) memanfaatkan secara maksimal gedung parkir bertingkat sebagai penempatan panel surya (solar panel).

 

Solar Panel di Gedung Warna Warni

 

Panel surya (solar panel) tipe on grid dipasang di atap Gedung Parkir Bertingkat Kampus B (atau yang biasa dikenal Gedung Warna Warni) dengan ketinggian 20 meter. Sebanyak 74 sel surya dipasang pada bentangan seluas 170 m2. Dalam sehari, jumlah daya yang dihasilkan rata-rata mencapai 30 KW. Panel surya (solar panel) yang terpasang menghasilkan daya listrik sebesar 80% dari daya listrik maksimum yang seharusnya dapat dihasilkan.

 

Pemasangan panel surya (solar panel) di atap Gedung Parkir Bertingkat Kampus B ini dapat menghasilkan penghematan tagihan listrik dan tidak memerlukan lahan khusus. Panel surya (solar panel) menghasilkan energi bersih (clean energy) dan mampu menekan emisi karbondioksida sehingga berdampak baik bagi lingkungan.

 

Pemasangan panel surya (solar panel) di atap memiliki beberapa keuntungan seperti nilai investasi sistem PLTS menjadi lebih murah, tidak mengganggu landscape bangunan dan menghalangi kegiatan atau aktivitas sehari-hari, serta lebih dekat dengan jala-jala listrik sehingga tidak dibutuhkan biaya transmisi/distribusi.

 

Panel surya (solar panel) yang terpasang ini merupakan upaya penghematan energi dan upaya mengurangi pemanasan global, serta menjadi perwujudan komitmen UNAIR dalam menjadi Eco Green Campus dengan suasana kampus yang bersih dan ramah lingkungan.

  Kirim