Mendukung Gaya Hidup Sehat Sivitas, DITSARPRAS Sediakan Lapangan Futsal Semi Indoor

DITSARPRAS - Penyediaan fasilitas olahraga di dalam lingkungan kampus merupakan langkah strategis yang UNAIR tempuh dalam mendukung gaya hidup sehat dan aktif. Ketersediaan fasilitas olahraga juga menunjukkan kepedulian UNAIR terhadap kesejahteraan mahasiswa. Banyak cabang olahraga yang sudah difasilitasi oleh UNAIR, mulai dari lapangan hingga tempat pelatihan, tak terkecuali dengan olahraga futsal.

Baru-baru ini, melalui DITSARPRAS, UNAIR telah berhasil menyediakan lapangan futsal di kawasan kampus B. Lokasinya berada tepat di belakang gedung Fakultas Ilmu Budaya (FIB), samping gedung Parkir Bertingkat.

Lapangan futsal ini dirancang dengan konsep semi-indoor yang memadukan konsep lapangan futsal indoor dan outdoor untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih fleksibel dan menyenangkan.

Lapangan futsal ini dilengkapi dengan atap peneduh, namun masih memiliki sisi terbuka untuk sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan alami. Tak lupa juga, lapangan futsal ini dilengkapi dengan fasilitas pencahayaan yang cukup untuk penggunaan di malam hari.

Konsep ini juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan lapangan. Karena tidak sepenuhnya tertutup, biaya pembangunan dan pemeliharaan lapangan semi-indoor cenderung lebih rendah dibandingkan dengan lapangan indoor sepenuhnya. 

Kehadiran lapangan futsal ini akan memberikan kemudahan akses bagi mahasiswa untuk berolahraga secara rutin tanpa harus keluar dari lingkungan universitas, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya transportasi.

Selain manfaat kesehatan, lapangan futsal ini juga dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan antar mahasiswa. Melalui pertandingan dan kegiatan olahraga bersama, mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan dapat saling berinteraksi dan membangun ikatan sosial yang lebih kuat. Hal ini tentu bermanfaat dalam menciptakan lingkungan kampus yang lebih harmonis dan inklusif. 

Tak hanya itu, sama seperti fasilitas olahraga lainnya, lapangan futsal ini juga terbuka untuk umum dengan prosedur tertentu, yaitu sistem sewa. Dengan menyewakan lapangan kepada pihak eksternal, universitas dapat mengoptimalkan penggunaan fasilitas tersebut dan sekaligus memperkenalkan kampus kepada khalayak luas.

Dengan demikian, lapangan futsal semi-indoor yang telah dibangun dan di bawah pengelolaan DITSARPRAS menjadi salah satu investasi yang berharga bagi UNAIR, baik dari segi peningkatan citra maupun kontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan mahasiswa.

Untuk informasi lebih lengkap terkait prosedur sewa lapangan futsal maupun fasilitas olahraga lainnya di UNAIR, bisa dengan mengakses laman resmi SIPARU di siparu.sarpras.unair.ac.id atau menghubungi kontak Narahubung SIPARU di 0856-5530-7802.

  Kirim