Lift Ramah Difabel dan Ramah Lingkungan di UNAIR

SARPRAS - Citra Universitas Airlangga sebagai universitas yang peduli terhadap keberagaman dan inklusivitas benar-benar telah terimplementasi secara serius di seluruh kawasan kampus. Fasilitas yang semakin banyak disediakan di berbagai gedung fakultas maupun kantor manajemen adalah lift khusus difabel.

Baru-baru ini, lift difabel telah berhasil disediakan di gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat, Kampus C dan Gedung Kuliah Bersama (GKB) Medang, Kampus B. Lift ini dirancang khusus dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna kursi roda, orang tua dengan kereta bayi, dan individu yang memiliki kesulitan mobilitas. 

Lift khusus difabel biasanya dilengkapi dengan pintu yang lebih lebar, tombol yang mudah dijangkau, serta panel kontrol dengan tanda braille untuk membantu mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Penggunaan material ramah lingkungan dan teknologi canggih dalam konstruksi dan pengoperasian lift difabel ini juga dapat semakin meningkatkan efisiensi energi. Oleh karena itu, penyediaan lift difabel bukan hanya tentang aksesibilitas, tetapi juga tentang menciptakan bangunan yang lebih berkelanjutan dan efisien secara energi.

Selain memudahkan akses bagi mereka yang membutuhkan, keberadaan lift difabel juga mencerminkan komitmen UNAIR dalam mendukung hak-hak difabel untuk mendapatkan akses yang sama terhadap pendidikan dan fasilitas kampus.

Penyediaan fasilitas penunjang bagi disabilitas merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi semua individu, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Manfaat dari penyediaan lift khusus difabel sangat signifikan bagi civitas. Dengan adanya lift ini, sivitas akademik non akademik dengan disabilitas dapat bergerak lebih mudah dan mandiri di dalam kampus. Mereka tidak perlu lagi bergantung pada bantuan orang lain untuk berpindah antar lantai gedung, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian mereka. Selain itu, lift ini juga mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi jika mereka harus menggunakan tangga.

Tidak hanya bermanfaat bagi pengguna, penyediaan lift khusus difabel juga dapat meningkatkan citra positif UNAIR dan menarik lebih banyak calon mahasiswa serta pengunjung yang memiliki kebutuhan khusus.

Dalam jangka panjang, keberadaan lift khusus difabel tidak hanya memenuhi aspek fasilitas fisik, tetapi juga memperkuat nilai-nilai inklusivitas dan keberagaman di dalam lingkungan UNAIR.

  Kirim