Genset Bantu Atasi Resiko Kebocoran Virus BSL3

SARPRAS – Sekali lagi, Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) telah mampu menyelesaikan permasalahan dengan brilian dan efisien. Permasalahan Gedung BSL 3 (Biosafety Level 3) yang membutuhkan cadangan listrik darurat di saat PLN melakukan pemadaman listrik, telah diselesaikan oleh DITSARPRAS UNAIR secara luar biasa.

Konsep greenmetric yang diusung oleh Universitas Airlangga menjadi salah satu pertimbangan dari keputusan yang diambil oleh DITSARPRAS UNAIR. Pemanfaatan Genset yang berada di Gedung Ex. Farmasi Kampus B UNAIR menjadi solusi cerdas untuk memenuhi kebutuhan cadangan listrik darurat di BSL 3.

Genset bermuatan 85-kilovolt Ampere tersebut akan dilakukan pemindahan ke Gedung BSL 3, sedangkan untuk Gedung Ex. Farmasi telah dilakukan pembelian Genset baru dengan kapasitas muatan sebesar 500-kilovolt Ampere. Dengan begitu, Genset akan dapat dimanfaatkan secara lebih optimal sesuai dengan kebutuhan.

3 Proses Pemindahan Genset

Proses pemindahan Genset membutuhkan waktu ±3 - 4 minggu hingga Genset siap untuk digunakan. Proses pemindahan Genset melalui beberapa proses yaitu:

Yang pertama adalah proses pembuatan tempat baru. Proses ini dilakukan di Gedung BSL 3 melalui mekanisme pengecoran untuk bagian pondasi sebagai tempat baru di Gedung BSL 3.

Proses selanjutnya adalah proses pembongkaran. Proses pembongkaran Genset yang berada di Gedung Ex. Farmasi dikerjakan dengan hati-hati, agar tidak merusak infrastruktur yang ada di Gedung Ex. Farmasi.

Proses terakhir adalah proses penempatan Genset. Pada proses ini terjadi proses pengangkutan dan proses penempatan Genset. Proses pengangkutan Genset dilakukan dengan truk untuk diangkut ke Gedung BSL 3. Sedangkan proses penempatan Genset dilakukan dengan bantuan crane untuk menurunkannya dan ditempatkan di pondasi yang sudah dibuat sebelumnya.

Genset

Tepat pada tanggal 21 Desember 2021, Genset sudah mulai diaktifkan dan digunakan oleh BSL 3. Keberadaan genset yang sudah siap pakai, sangat membantu Gedung BSL 3 dalam kegiatan kesehariannya.

“Terimakasih kepada Direktorat Sarana dan Prasarana UNAIR karena sudah memfasilitasi Genset, saluran air, dan AC", ungkap Andi Hamim Zaidan M.Si., Ph.D., selaku pihak dari BSL 3.

"Genset ini sangat bermanfaat bagi BSL 3. Dengan adanya genset, resiko kebocoran dan penyebaran koleksi virus dan hewan uji infeksius yang ditakutkan apabila terjadi pemadaman listrik dapat diminimalisir”, imbuhnya.

Penyelesaian masalah ini menjadi bukti bahwa DITSARPRAS UNAIR secara nyata menjalankan visi dan misinya serta turut berpartisipasi dalam mewujudkan Universitas Airlangga sebagai SMART University dan GreenCampus.

  Kirim