Optimalkan Kontrol Gedung Dengan Building Automation System

SARPRAS - Direktur Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) memiliki misi dalam mengelola gedung yang berkualitas, salah satunya penggunaan sistem otomatisasi gedung (building automation system)

 

Building automation system (BAS) adalah kombinasi dari mekanik, listrik, sistem peralatan dan mikroprosesor yang berkomunikasi dengan komputer. Penggunaan BAS menjanjikan untuk mengoptimalkan beberapa sistem dalam sebuah gedung dan sangat berguna dalam mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh manajemen gedung.

 

Gedung yang berada dibawah pengelolaan DITSARPRAS UNAIR yang didukung dengan BAS tersebut adalah Gedung Airlangga Sharia Entrepreneurship & Education Center (ASEEC) Tower. 

 

ASEEC Tower

 

Dan, direncanakan pada tahun 2022, Gedung Kuliah Bersama Kampus C (GKB C) juga akan menerapkan BAS.

 

BAS berbasis kontrol komputer dapat membantu mengkoordinasi, mengorganisasi, dan  mengoptimalisasi kontrol subsistem pada gedung seperti keamanan, kebakaran (keselamatan), elevator, dan lain-lain.

5 Sistem yang dikontrol oleh Building Automation System

HVAC System

Heating, ventilation, and Air Conditioning System atau biasa disebut HVAC adalah sebuah sistem yang mengatur sistem pemanas, ventilasi dan juga pendingin yang ada dalam suatu gedung.

 

Lighting Control System

Sistem pencahayaan ini dapat menyuplai kebutuhan pencahayaan indoor dan outdoor dengan tepat sesuai kebutuhan di tempat dan waktu tertentu.

 

Energy Efficiency

Dengan menggunakan sistem ini, pengeluaran energi bisa diatur lebih bijak dan kelalaian-kelalaian yang dapat menyebabkan boros energi bisa diminimalisir.

 

Fire Alarm System

Sistem pendeteksi kebakaran dapat diintegrasikan dengan building automation system. Fire alarm system bekerja dengan mendeteksi kebakaran dengan beberapa sensor yang berbeda, seperti sensor panas, cahaya dan suhu.

 

Access and Security

System access dan security dibangun untuk mengontrol keamanan dan akses dalam suatu gedung, sehingga keamanan bisa dikontrol secara langsung.

Seiring waktu, kebijakan DITSARPRAS UNAIR dalam menggunakan building automation system dapat membantu mengurangi penggunaan energi, meningkatkan nilai bangunan dengan membuat sistem kelistrikan dan mekanik menjadi lebih cerdas, meminimalkan dan mengurangi biaya atau efisiensi biaya pengelolaan gedung, dan menjaga keamanan bangunan.

 

 

 

 

 

Referensi

Building Automation System. TESTINDO, diakses pada tanggal 07 Februari 2022, dari testindo.com/TanpaPenulis.

Kontraktor Building Automation System Terbaik di Indonesia. BROMINDO, diakses pada tanggal 07 Februari 2022, dari bromindo.com/TanpaPenulis.

News: Building Automation System. Global Connex Indonesia, diakses tanggal 07 Februari 2022, dari globalconnex.co.id/TanpaPenulis.

 

  Kirim