Sulap Ruang Lama Jadi Ruang Aktivitas Mahasiswa

SARPRAS - Salah satu kunci keberhasilan dari efisiensi pembelajaran adalah penyediaan dan penggunaan fasilitas pembelajaran yang tepat, contohnya ruang aktivitas mahasiswa.

 

Fasilitas belajar yang lengkap dan nyaman dapat mendukung proses pembelajaran dan merangsang motivasi mahasiswa. 

 

Memanfaatkan ruang yang tidak terpakai, Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) menyulap ruang tersebut menjadi ruang aktivitas mahasiswa.

 

Ruang aktivitas mahasiswa dapat digunakan sebagai tempat mahasiswa belajar, berdiskusi dengan teman sebaya, mengerjakan tugas atau penelitian, mengadakan pertemuan atau rapat, dan aktivitas lainnya.

 

2 Lokasi Ruang Aktivitas Mahasiswa

 

Lokasi pertama berada di lantai 1 Gedung Ex. Farmasi, tepat di belakang taman tengah. Ada dua tipe ruang aktivitas mahasiswa di gedung ini, indoor dan outdoor.

 

Meski indoor, ruang ini bersifat terbuka, karena tidak dibatasi oleh sekat antar meja. Tanpa sekat ini dapat meningkatkan produktivitas mahasiswa dan komunikasi antar mahasiswa. Ruangan juga terasa lebih luas dan udara lebih mudah masuk, sehingga memungkinkan pikiran lebih jernih.

 

Ruang aktivitas mahasiswa indoor dilengkapi dengan meja dan kursi terpisah, dan meja besar serta beberapa kursi di tengah ruangan, yang dapat digunakan sebagai tempat diskusi. Tidak hanya itu, ruang aktivitas ini juga menyediakan jaringan WIFI dan stop kontak.

 

Kemudian, di sebelahnya ada ruang aktivitas mahasiswa outdoor dengan 3 set meja dan kursi kayu dan dua bangku dinding (wall bench).

 

Ruang Aktivitas Outdoor di Ex. Gedung LDB

 

Kedua, ruang aktivitas mahasiswa terletak di lantai 1 Gedung Ex. Laboratorium Dasar Bersama (LDB). Sangat kontras dengan ruang aktivitas mahasiswa di Gedung Ex. Farmasi, ruang aktivitas mahasiswa di Ex. LDB ini hadir dalam warna yang lebih cerah, didominasi oleh warna hijau yang terdapat pada set sofa minimalis yang tersedia. 

 

Tentunya ruang aktivitas ini juga dilengkapi dengan meja, beberapa set sofa, stop kontak, dan jaringan WIFI. Sofa dan meja yang tersusun secara berhadapan, cenderung memberikan suasana cafe kekinian dengan kesan tertutup. Tujuannya agar mahasiswa mendapatkan sedikit privasi dan lebih fokus saat belajar atau berdiskusi.

 

Diharapkan dengan adanya ruang aktivitas mahasiswa ini dapat menciptakan kenyamanan dan meningkatkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa. Dengan begitu, mimpi UNAIR menjadi SMART University akan lebih cepat terwujud.

  Kirim