Ruang Baru SDGs Center Bantu Tingkatkan THE Ranking UNAIR

SARPRAS - Peresmian Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Airlangga menandai salah satu keberhasilan Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) dalam berpartisipasi mewujudkan UNAIR sebagai Green Campus.

 

Setelah melalui proses yang agak sulit, berkat kolaborasi epik antara SDGs Center dan DITSARPRAS, ruangan baru untuk SDGs Center telah berhasil direalisasikan.

 

Renovasi ruangan yang dilakukan secara keseluruhan, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi pihak SDGs. Pihak SDGs bersama DITSARPRAS telah memulai proses awal renovasi sejak November 2021. 

 

Proses awal dimulai dengan survei ruangan yang akan direnovasi, ruangan lama Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR, serta berkoordinasi bersama untuk merencanakan dan mengonsep ruangan SDGs yang baru.

 

Ruang SDGs baru belum sepenuhnya rampung hingga pertengahan Februari, 2022. Namun, akhirnya berhasil diresmikan oleh Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Prof. Dr. Mohammad Nasih SE. MT. Ak. CMA. pada Selasa, 8 Maret 2022.

 

Komunikasi yang tidak terputus, koordinasi yang baik, dan selalu saling mendukung, membuat ruang SDGs Center terwujud dalam kurun waktu 2-2,5 bulan pengerjaan. 

 

Berbeda dengan ruang lama SDGs Center yang terletak di lantai tiga (3) Kantor Manajemen. Kini, ruang SDGs Center telah memiliki wajah baru dengan desain interior yang elegan dan mewah.

 

Tampilan Ruang Sebelum Renovasi dan Sesudah Renovasi

 

Ruangan yang didominasi kombinasi warna coklat dan krem, memberikan nuansa tenang dan lapang dari setiap sudut ruangan. Suasana yang lembut, tenang, dan ringan dapat menciptakan kenyamanan bagi staf dalam menjalankan aktivitasnya.

 

Ruang baru SDGs Center sendiri terdiri dari lobby yang telah dilengkapi dengan LED Signage SGDs UNAIR dengan logo UNAIR serta sofa. 

 

Ruang tunggu tamu dirancang seperti koridor, dan memiliki meja resepsionis. Di kiri dan kanan terdapat galeri-galeri kecil berisi dokumentasi dari kegiatan-kegiatan penunjang yang dilakukan oleh SDGs Center.

 

Di tengah, ada ruang staf dengan whiteboard. Ruang staf dirancang terbuka, agar komunikasi dan kerjasama antar staf lebih efektif dan keterbukaan atau transparansi terkait pekerjaan di antara staf lebih jelas.

Ruang Tengah SDGs Center

 

Di sekelilingnya, ada ruangan yang disekat dengan partisi kaca sandblasted. Terdiri dari ruang pimpinan, ruang sekretaris, dan ruang rapat.

 

“Saya dan seluruh pihak SDGs Center sangat berterima kasih kepada DITSARPRAS yang telah menyediakan sarana dan prasarana yang sangat mendukung kegiatan dan program kerja SDGs Center”, ujar Savira Rizma Yunita SM. yang merupakan Koordinator SDGs Center.

 

“Kebutuhan dan permasalahan pihak SDGs dalam proses menyediakan ruangan, dapat disikapi dengan baik oleh DITSARPRAS. Wahh, terbaik memang DITSARPRAS. Bagus banget pokoknya”, imbuhnya senang.

 

Ruang SDGs Center yang baru menjadi bentuk dukungan DITSARPRAS agar staf dan seluruh pihak SDGs dapat menjalankan aktivitasnya dengan nyaman dan tanpa batasan. Dengan demikian, muncul harapan besar agar UNAIR bisa mendapatkan posisi terbaik dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE). 

  Kirim