Laboratorium Komputer Baru Wujud Implementasi Konsep SMART UNAIR

SARPRAS - Penyediaan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan memadai akan dapat membantu sivitas akademika mengasah kemampuannya agar lebih mudah memahami dan menambah pengetahuan secara lebih mandiri, seperti keberadaan laboratorium komputer.

 

Soal fasilitas, Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR). DITSARPRAS selalu berupaya memberikan sarana dan prasarana terbaik bagi seluruh sivitas akademika UNAIR.

 

Infrastruktur yang baik dan memadai akan mendukung proses pembelajaran, itulah yang ingin dicapai  DITSARPRAS dengan menyediakan laboratorium komputer bersama.

 

Laboratorium komputer bersama ini terletak di lantai 8 Gedung Kuliah Bersama Kampus C, Universitas Airlangga. DITSARPRAS menawarkan 2 (dua) jenis laboratorium komputer, laboratorium komputer MG (Middle Grade) dan HG (High Grade). 

 

2 Jenis Laboratorium Komputer

 

Laboratorium Komputer Middle Grade (MG)

Ada 3 laboratorium komputer Middle Grade dengan masing-masing laboratorium memiliki 60 unit komputer. Semua unit komputer terhubung dengan Local Area Network (LAN), internet dan wifi serta ditunjang oleh 1 unit proyektor.

 

Komputer dengan monitor 23,6", perangkat lunak (software) Microsoft berlisensi resmi (Windows 10 Pro 64-bit), prosesor Intel(R) Core(™) i5-10500 CPU @ 3.10GHz (12 CPU), ~3.1GHz, dan RAM memory 8192 MB.

Laboratorium Komputer MG

 

Tata ruangnya sendiri didesain seperti ruang kuliah kebanyakan, dengan tempat dosen di depan, dilengkapi dengan satu unit komputer. Meja komputer mahasiswa disusun dengan pola 2-3-2, dengan beberapa banjar menghadap ke depan.

 

Selain itu juga disediakan AC, layar gantung, microphone, sound system, whiteboard, headphone, speaker, dan fasilitas pendukung lainnya.

 

Laboratorium Komputer High Grade

Terdapat 2 laboratorium komputer High Grade (HG), masing-masing laboratorium dengan 60 workstation dan satu (1) unit komputer untuk dosen. Sama seperti laboratorium komputer MG, semua unit komputer di laboratorium ini terhubung dengan Local Area Network (LAN), internet dan wifi serta didukung oleh 1 unit proyektor.

 

Komputer ini dilengkapi monitor 27", perangkat lunak (software) Microsoft berlisensi resmi (Windows 10 Home Single Language 64-bit (10.0, Build 19044)), dengan prosesor Intel(R) Core(™) i7-10700 CPU @ 2.90GHz (16 CPU), ~ 2,9 GHz., dan RAM memory 16384 MB.

 

Tata letak (layout) laboratorium dan fasilitas pendukungnya mirip dengan laboratorium komputer MG, meja komputer mahasiswa disusun menghadap ke depan. 

 

Meja komputer mahasiswa di laboratorium MG dan HG memiliki sekat kayu di kiri dan kanan dan sekat bagian depan meja menggunakan akrilik.

 

Laboratorium Komputer HG

 

Laboratorium ini juga dilengkapi dengan AC, layar gantung, microphone, sound system, whiteboard, headphone, speaker, serta fasilitas pendukung lainnya.

 

Kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium komputer membantu merangsang semangat dan menumbuhkan gairah serta motivasi dosen dalam mengajar serta dapat mendorong mahasiswa untuk belajar. 

 

Dengan demikian, konsep Top Up Tangible and Intangible Resource Utilization dalam program SMART yang sedang berjalan dapat diimplementasikan dengan baik.

  Kirim