Gedung Kuliah Bersama Kampus B (GKB B) UNAIR

Penting untuk terus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran untuk mengimbangi peningkatan jumlah mahasiswa yang semakin banyak. 

 

Berawal dari masalah tersebut, salah satu solusinya adalah dengan mengalihfungsikan gedung lama yang tidak terpakai menjadi gedung kuliah bersama.

 

Dalam setiap pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran, sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi sivitas akademika. 

 

UNAIR memiliki Gedung Kuliah Bersama di kampus B (GKB B) yang terdiri dari dua gedung yaitu gedung Ex. Farmasi dan gedung Ex. LDB (Laboratorium Dasar Bersama)

 

Gedung Ex. Farmasi

 

Gedung Kuliah Bersama Kampus B (GKB B) - Eks. Farmasi

 

Gedung Ex. Farmasi terdiri dari tiga (3) lantai dan menyediakan fasilitas utama dan penunjang. Berikut fasilitas-fasilitas tersebut:

 

Fasilitas Utama

 

Ruang Kuliah

Ruang kuliah adalah tempat mahasiswa dan dosen belajar tatap muka. Ada 32 ruang kuliah biasa dan 3 bengkel (ruang kuliah dan praktikum).

 

Ruang kuliah biasa digunakan untuk kegiatan belajar biasa tanpa adanya kegiatan praktikum. Sedangkan ruang kuliah dan praktikum digunakan untuk kegiatan pembelajaran sekaligus praktek, dimana di dalam ruang kuliah juga telah disediakan alat-alat praktikum yang dibutuhkan.

 

Ruang kuliah dapat menampung 40 hingga 80 orang. Masing-masing ruang telah berlantaikan keramik, AC, koneksi WiFi, dan lampu untuk membantu penerangan. Meja dan kursi dosen berada paling depan menghadap mahasiswa juga telah dilengkapi dengan satu set PC, microphone, whiteboard, LCD proyektor, dan layar gantung.

 

GKB B - Eks. Farmasi sebagai tempat perkuliahan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Vokasi (FVOK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Psikologi (FPsi), beserta beberapa kelas yang digunakan secara bersama.

 

Laboratorium Pengajaran

Laboratorium pengajaran (laboratorium pendidikan) merupakan laboratorium yang digunakan untuk melakukan praktek pembelajaran suatu bidang ilmu tertentu. Laboratorium juga tempat khusus untuk melakukan percobaan/eksperimen, penelitian/riset, observasi, demonstrasi yang terkait dalam kegiatan pembelajaran. 

 

GKB menyediakan 14 laboratorium pengajaran dengan berbagai ukuran dan peruntukkan.

 

Laboratorium ini juga dilengkapi dengan meja, kursi, whiteboard, LCD proyektor, layar gantung, peralatan laboratorium, alat pemadam kebakaran, meja demonstrasi, sakelar atau kran pusat yang mudah dijangkau sehingga aliran listrik, gas atau air dapat segera dihentikan jika terjadi bahaya.

 

Laboratorium Pendidikan

 

Laboratorium terdiri dari ruang utama dan ruang pelengkap.

 

Ruang utama adalah ruangan tempat para mahasiswa melakukan praktikum. Ukuran ruang utama lebih besar daripada ukuran ruang persiapan dan ruangan penyimpanan.

 

Ruang pelengkap umumnya terdiri dari ruang persiapan dan ruang penyimpanan:

Ruang persiapan digunakan untuk menyiapkan alat-alat dan bahan-bahan yang akan digunakan untuk

praktikum.

Ruang penyimpanan atau gudang terutama digunakan untuk menyimpan bahan-bahan persediaan

(termasuk bahan kimia) dan alat-alat yang penggunaannya tidak setiap hari.

 

Laboratorium Komputer 

GKB B juga menyediakan dua (2) laboratorium komputer yang terletak di lantai dua (2). Masing-masing ruang terdiri dari 20 unit komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak (software) Microsoft berlisensi resmi (Windows 10 Home Single Language 64-bit (10.0, Build 19044)), dengan prosesor Intel(R) Core(™) i7-9700 CPU @ 3.00GHz (16 CPU), ~ 2,9 GHz., dan RAM memory 16 GB.

 

Layout laboratorium didesain seperti ruang kuliah kebanyakan, dengan tempat dosen di depan, dilengkapi dengan satu unit komputer. Meja komputer mahasiswa disusun dalam beberapa banjar menghadap ke depan.

Laboratorium Komputer

 

Meja komputer mahasiswa memiliki sekat kayu di kiri dan kanan dan sekat bagian depan meja menggunakan akrilik. Selain itu, laboratorium komputer ini juga dilengkapi dengan AC, akses WiFi, LCD proyektor, layar gantung, stop kontak, CCTV, dan alat pemadam kebakaran. 

 

Ruang Rapat dan Diskusi

Ruang Diskusi disediakan guna menjadi tempat bagi sivitas akademika untuk rapat, diskusi, saling bertukar pikiran, berpendapat, dan kerja kelompok.

 

Terdapat tiga (3) ruang rapat dan diskusi yang terletak di lantai 1 dan 2, dengan kapasitas antara 5-12 orang. Ruang diskusi juga telah dilengkapi dengan meja, kursi, AC, koneksi WiFi, LCD proyektor, layar gantung, dan whiteboard.

 

Ruangan ini memiliki layout U-Shape, dimana kursi dan meja diatur dalam bentuk huruf  “U“. Layout ini memudahkan pembicara untuk berkomunikasi dengan setiap peserta. Setiap peserta juga akan lebih mudah untuk berkontribusi dan berinteraksi satu sama lain.

 

Aula/Ruang Serbaguna

Aula adalah ruangan luas dan besar yang biasanya digunakan sebagai seminar, kuliah umum, pertemuan, dan kegiatan sivitas akademika lainnya.

 

Terdapat 2 aula yang terletak di lantai 3 dengan kapasitas masing-masing 80 dan 240 kursi. Aula juga telah dilengkapi dengan AC, koneksi WiFi, kursi, LCD proyektor, layar gantung, dan sound system.

 

Lantai aula dilapisi dengan keramik hijau untuk menambah aksen dekoratif, membuat suasana aula lebih cerah, luas dan bersih.

 

Tidak hanya warna keramik lantai saja, seluruh aula juga didominasi warna hijau. Warna hijau dominan ini menciptakan suasana cerah dan segar, dan dianggap dapat mengurangi stress, karena hijau melambangkan penyembuhan.  

 

Aula Serbaguna Gedung Kuliah Bersama - Eks. Farmasi

 

Fasilitas Pendukung

 

Lobby

Fasilitas di lobby antara lain meja resepsionis, meja, dan kursi untuk tempat duduk dan ruang tunggu tamu. Meja resepsionis berfungsi sebagai tempat registrasi tamu dan staff yang bertugas.

 

Tempat Ibadah (Mushola)

Di lantai dasar, tepatnya di dekat taman tengah, terdapat mushola dan area kamar mandi terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

 

Area Parkir

Tersedia area parkir motor dan mobil. Area parkir disediakan secara terpisah antara untuk karyawan atau staf gedung dan untuk tamu dan mahasiswa. 

 

Toilet

Gedung menyediakan toilet laki-laki dan perempuan di setiap lantainya.

 

Sarana dan prasarana pendidikan yang telah disediakan DITSARPRAS dengan kualitas terbaik, diharapkan mampu memenuhi seluruh kebutuhan demi tercapainya mutu layanan pembelajaran secara baik dan produktif serta dapat memuaskan sivitas akademika dan non akademik UNAIR.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

Riandi. PENGELOLAAN LABORATORIUM. Direktori FMIPA Jurusan Pendidikan Biologi - Bahan Kuliah, hal. 39-52, diakses pada 20 April 2022.

 

  Kirim