Ruang Transit Dosen Penghalau Rasa Bosan Menunggu

SARPRAS - Menunggu itu membosankan, memakan waktu, dan membuat perasaan tidak nyaman. Sentimen negatif inilah yang diupayakan Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) agar tidak muncul ketika dosen menunggu waktu perkuliahan tiba, yakni menyediakan ruang transit bagi dosen.

 

Menurut penelitian (Lovelock, 1991), orang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti resah, gelisah, bosan dan marah saat menunggu. 

 

Jika emosi negatif tersebut timbul saat dosen menunggu waktu perkuliahan tiba, maka hal ini juga akan berdampak negatif pada emosi dosen saat memberikan pengajaran , yang tentunya juga berdampak pada mahasiswa.

 

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, DITSARPRAS menyediakan ruang transit untuk dosen. Tidak hanya menyediakan, DITSARPRAS menghadirkan ruang transit dengan desain interior yang fresh dan fasilitas pendukung semaksimal mungkin.

 

Gedung Kuliah Bersama (GKB) Kampus C menyediakan tiga (3) ruang transit dosen yang terletak di lantai tiga (3), lima (5) dan delapan (8). Sementara itu, ruang transit di lantai 8 diperuntukkan bagi dosen pengampu Pembelajaran Dasar Bersama (PDB).

 

Ketiga ruang transit tersebut dilengkapi dengan AC, meja dan kursi, sofa, stop kontak, dan dispenser air. Sedangkan, ruang transit di lantai 8 juga dilengkapi dengan loker.

 

Vertical Garden Indoor di Ruang Transit Dosen MKWU, GKB C

 

Taman vertikal sintetis juga turut mempercantik ruang transit di lantai 8, memberikan kesan natural dan asri, membuat dosen merasa lebih rileks dalam menjalani kesibukannya.

 

Taman vertikal sintetis ini dipilih karena tidak memerlukan perawatan, tidak memerlukan biaya perawatan tambahan, dan tidak memerlukan persyaratan pencahayaan khusus.

 

Tata letak meja-kursi dan partisi setinggi dada memudahkan dosen untuk melihat dan berbicara tanpa harus berdiri. Ruangan juga akan terasa lebih nyaman, tidak pengap dan tidak terlalu kaku.

 

Tata ruang terbuka seperti ini memungkinkan sirkulasi udara di dalam ruangan lebih sehat dan higienis karena tidak ada penghalang ruang. 

 

DITSARPRAS telah berkali-kali berhasil menyediakan fasilitas dengan kualitas terbaik untuk kenyamanan dan produktivitas sivitas akademika UNAIR dan akan terus berupaya sebaik mungkin demi beekontribusi dalam mewujudkan UNAIR SMART University.



Referensi

Lovelock, CH, 1991, “Managing Service Marketing, Operations and Human Resources, 3rd ed”. London, Prentice Hall.

 

  Kirim