Ruang Kelas Hybrid, Wujud Adaptasi UNAIR Selama Pandemi COVID-19

SARPRAS - Adaptasi adalah cara menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan. Begitu pula dengan dunia pendidikan Indonesia yang telah memiliki kebijakan berupa hybrid learning untuk mengakomodir kegiatan pembelajaran selama pandemi COVID-19 masih berlangsung di Indonesia.

 

Hybrid learning adalah metode campuran yang menggabungkan pembelajaran daring dan tatap muka menjadi satu kesatuan pengalaman.

 

Universitas Airlangga juga telah menyesuaikan dengan kebijakan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Pemerintah Indonesia, yaitu dengan menerapkan hybrid learning.

 

Berkat respon Direktorat Sarana dan Prasarana (DITSARPRAS) yang cekatan, kini Universitas Airlangga telah menyediakan kelas khusus yang dirancang sebagai tempat perkuliahan hybrid learning, lengkap dengan fasilitas pendukung seperti kamera hybrid.

 

Ruang Kelas Teater GKB C (Hybrid)

 

Dalam proses hybrid learning, mahasiswa yang mengambil kelas luring (offline) dan kelas daring (online) adalah individu yang berbeda. Pembelajaran akan berlangsung secara bersamaan dan dipertemukan melalui penggunaan kamera hybrid.

 

Sebanyak 19 kelas dilengkapi dengan kamera hybrid, yaitu 11 kelas di Gedung Kuliah Bersama Kampus C (GKB C ) dan 8 kelas di Gedung Kuliah Bersama Kampus B (GKB B) - Eks. Farmasi.

 

Kamera hybrid dengan spesifikasi Full HD PTZ (Pan-tilt) dan optical zoom akan memberikan gambar yang jelas dan menampilkan seluruh ruangan, sehingga mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran online tetap dapat merasakan suasana kelas yang sama dengan mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran offline.

 

Selain kamera hybrid, kelas juga tersedia dalam dua layout yaitu kelas kursi datar dan kelas kursi teater. Fasilitas pendukung lainnya seperti papan tulis, proyektor, koneksi WiFi juga telah disediakan.

 

Tak hanya sebagai tempat perkuliahan, kelas-kelas ini juga dapat digunakan oleh publik guna menyelenggarakan agenda seperti pelaksanaan rapat, konferensi, seminar, kuliah umum, dan agenda lainnya. 

 

Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat langsung mengakses laman resmi SIPARU dan melakukan pemesanan ruang kelas teater hybrid.

  Kirim