EXPO PDB 2022 Gagah Deklarasikan Budaya Kolaborasi

SARPRAS - EXPO PDB (Pembelajaran Dasar Bersama) 2022 sukses dan semarak digelar di depan Gedung Kuliah Bersama Kampus C (GKBC) Universitas Airlangga pada Jumat, 17 Juni 2022.

 

EXPO PDB dihadiri oleh Rektor Universitas Airlangga - Prof Dr. Mohammad Nasih SE MT Ak., Direktur Pendidikan - Prof Sukardiman MS Apt., Ketua Unit Pendidikan Kebangsaan dan Karakter (UPKK) - Syahrur Marta Dwi Susilo SS MA PhD., dan beberapa undangan lainnya.

 

EXPO PDB 2022

 

Direktorat Sarana dan Prasarana (DITSARPRAS) juga berperan dalam kelancaran pelaksanaan EXPO PDB dengan menyediakan fasilitas penunjang yang diperlukan seperti listrik, meja, kursi, dan fasilitas lainnya.

 

EXPO PDB bertajuk Ksatria Airlangga Pemimpin Gagah Perubahan Dunia Dengan Budaya Kolaborasi ini terselenggara dalam dua sesi dan 50 dari 1.130 proyek mahasiswa yang ditampilkan pada acara tersebut turut memeriahkan EXPO PDB.

 

Dalam kesempatan ini, Prof. Nasih menyampaikan bahwa kehadiran PDB dapat menjadi titik awal  kolaborasi antar mahasiswa dari berbagai latar belakang.

 

Usai pemotongan pita pembukaan EXPO PDB 2022, Prof. Nasih juga mengunjungi dan mengapresiasi karya-karya mahasiswa yang kreatif dan inovatif. 

 

Prof. Sukardiman mengatakan bahwa kegiatan kurikulum PDB menganut basis Outcomes-Based Education (OBE), mengutamakan pembelajaran kolaboratif dalam proses pembelajarannya, sehingga karya yang disajikan pada EXPO PDB ini merupakan hasil dari salah satu tema pembelajaran berbasis project based learning.

 

Sebagai tambahan informasi, Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menempatkan mahasiswa sebagai subjek atau pusat pembelajaran, yang menekankan pada proses pembelajaran yang mengarah pada hasil akhir berupa suatu produk. 

 

Terselenggaranya EXPO PDB 2022 menjadi tonggak dan inovasi baru dalam menutup pembelajaran PDB selama satu tahun ini dengan menampilkan berbagai hasil pembelajaran mahasiswa UNAIR.



 

 

 

 

 

Referensi

Hermawan, Nuri. (2022). PDB EXPO 2022, Rektor Tekankan Urgensi Kolaborasi dan Inovasi. https://www.unair.ac.id/2022/06/17/pdb-expo-2022-rektor-tekankan-urgensi-kolaborasi-dan-inovasi/ diakses pada 18 Juni 2022.

Rahmah, Alfiyya, Hermawan, Nuri. (2022). Pagelaran EXPO PDB 2022 sebagai Manifestasi Kolaborasi. https://www.unair.ac.id/2022/06/12/pagelaran-expo-pdb-2022-sebagai-manifestasi-kolaborasi/ diakses pada 18 Juni 2022.

sereliciouz. (2021). Project Based Learning. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/project-based-learning/, diakses pada 18 Juni 2022.

 

  Kirim