Kunjungan dari Universitas Halu Oleo: Sejarah hingga Arsitektur ASEEC Tower

SARPRAS - Jum’at ini cukup penting bagi Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga, bangga dan tersanjung karena hari ini DITSARPRAS akan menerima kunjungan dari salah satu Universitas yang berada di luar pulau Jawa. 

 

Tepat pukul 08.30 WIB, 41 mahasiswa Arsitektur dan 2 dosen pendamping dari Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara tiba di Airlangga Sharia Entrepreneurship & Education Center (ASEEC) Tower.

 

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian agenda studi kuliah lapangan (field trip) mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, yang ditujukan sebagai sarana agar mahasiswa dapat mencocokkan teori yang didapat di kelas dengan kenyataan yang diamati di lokasi kunjungan.

 

Kedatangan Universitas Halu Oleo juga disambut oleh Nugroho Sasikirono, Direktur Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga serta kasubdit dan kasi Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga.

 

Aula Tarumanegara menyaksikan sambutan hangat Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga kepada mahasiswa dan dosen pendamping Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo. 

 

Acara pagi ini diawali dengan pemaparan dan pembukaan oleh Direktur Sarana dan Prasarana, dilanjutkan dengan pemaparan maksud dan tujuan oleh dosen pendamping Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo.

 

Pemaparan Direktur Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga

 

Acara dilanjutkan dengan pengenalan mendalam tentang ASEEC Tower. Dari pembahasan proses dan tahapan pembangunan, sejarah penciptaannya, filosofi bentuk bangunan yang sekilas terlihat seperti kalam (alat tulis pena kuno), hingga desain interior dan eksteriornya.

 

Halaman resmi reservasi properti (SIPARU) milik Direktorat Sarana dan Prasarana juga diperkenalkan, dimana Direktorat Sarana dan Prasarana memiliki beberapa ruangan/aula/lokasi yang tersedia untuk sewa eksternal.

 

Mahasiswa juga berkesempatan untuk bertanya tentang ASEEC Tower, terutama yang berkaitan dengan struktur bangunan.

 

Acara dilanjutkan dengan tour building selama kurang lebih 30 menit. Mahasiswa dan dosen pendamping Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo akan diajak untuk mengenal bagian-bagian ASEEC Tower secara langsung.

 

Dengan waktu yang cukup singkat dan agar hasil tour building efektif dan efisien, 41 mahasiswa telah dikelompokkan menjadi 5 kelompok yaitu kelompok struktur, kelompok konsep, kelompok utilitas, kelompok  interior, dan kelompok eksterior. 

 

Penamaan kelompok menandai titik fokus yang akan dipelajari mahasiswa secara lebih mendalam selama sesi tour building. 

 

Setiap kelompok akan didampingi oleh satu orang dari Direktorat Sarana dan Prasarana untuk membantu menjelaskan dan menjawab pertanyaan tentang bagian-bagian bangunan.

 

Sesi tour building menandai berakhirnya kunjungan mahasiswa dan dosen pendamping Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, yang juga ditutup oleh Kasubdit - Perencanaan, Pemeliharaan dan K3, Drs. Junaidi.

 

Sejauh jarak yang telah ditempuh untuk sampai di ASEEC Tower Universitas Airlangga, sebesar itu juga harapan agar kunjungan ini memberikan dampak yang besar dan positif, serta terima kasih karena telah menjadikan ASEEC Tower sebagai salah satu tujuan studi kuliah lapangannya.

  Kirim