Antisipasi Kehilangan Data, UPS Juga Bantu Perangkat Tahan Lama

SARPRAS - Di tengah aktivitas universitas yang dinamis, terutama yang berkaitan dengan perubahan yang terus bergulir dan transfer, sangat penting untuk menjaga kestabilan komponen elektronik.

 

Hal inilah yang melatarbelakangi pengadaan UPS oleh Direktorat Sarana dan Prasarana.

 

UPS

 

UPS singkatan dari Uninterruptible Power Supply, merupakan perangkat hardware komputer yang fungsinya untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama tidak bekerja atau terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

 

UPS memiliki waktu backup yang sangat cepat dan berperan penting sebagai sumber listrik cadangan sementara. Untuk jangka waktu yang cukup singkat, UPS dapat digunakan untuk menyimpan data yang belum disimpan dan mematikan perangkat elektronik dengan baik.

 

Sejalan dengan kegiatan UNAIR, hampir semua kegiatan dialihkan secara dalam jaringan (daring) seperti pendataan, proses surat-menyurat, kegiatan perkuliahan, pelaksanaan UTBK hingga ujian berbasis CBT (Computer Based Test).

 

Sadar akan bahaya dan resiko yang akan timbul, Direktorat Sarana dan Prasarana menyediakan fasilitas UPS untuk seluruh perangkat komputer di UNAIR.

 

Sebanyak 550 unit dialokasikan untuk setiap fakultas/unit/lembaga/direktorat berdasarkan kebutuhannya.

 

55 unit diantaranya telah diinstal dan siap digunakan, yaitu UPS yang didistribusikan ke Fakultas Psikologi, Perpustakaan Kampus B, dan Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB), sedangkan 495 unit lainnya sedang dalam proses instalasi.

 

Bukan Direktorat Sarana dan Prasarana, jika tidak mengutamakan efektivitas dan efisiensi kinerja dalam pengadaan fasilitas, maka UPS ini juga demikian.

 

Direktorat Sarana dan Prasarana memfasilitasi UPS tipe APC Easy UPS BVX 1200VA, 230V, AVR, Universal Sockets (BVX1200LI-MS). UPS ini memiliki spesifikasi luar biasa dan sudah berlabel Green PremiumTM.

 

Sebagai informasi tambahan, label Green PremiumTM merupakan bukti kepatuhan terhadap regulasi terbaru, transparansi dampak lingkungan, serta produk sirkular dan beremisi CO2 rendah.

 

Pengadaan UPS ini diharapkan dapat mengantisipasi hilangnya data penting dan kerusakan perangkat akibat ketidakstabilan listrik, sekaligus sebagai penstabil arus listrik. 

 

Dengan cara ini, perangkat komputer maupun elektronik yang terhubung ke UPS akan lebih awet dan memiliki masa pakai yang lebih lama.

 

 

 

 

Indotara.com. Mengenal Fungsi dan Kegunaan UPS dalam sehari-hari. https://www.indotara.co.id/mengenal-fungsi-dan-kegunaan-ups&id=206.html diakses pada 30 November 2022 pukul 12.00.

 

  Kirim