Kolaborasi dengan PT ATW Solar Indonesia, DITSARPRAS UNAIR Gelar Pelatihan Perawatan Solar Panel

SARPRAS - Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) sukses mengadakan pelatihan perawatan solar panel bagi seluruh tenaga pendidik (Tendik) Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga.

 

DITSARPRAS UNAIR menggandeng PT ATW Solar Indonesia menyelenggarakan pelatihan perawatan solar panel. Pelatihan tersebut berhasil dilaksanakan di Sriwijaya Hall, ASEEC (Airlangga Sharia & Entrepreneurship Education Center) Tower pada tanggal 10 Februari 2023, dengan diikuti sekitar 50 tendik Sarana dan Prasarana se-Universitas Airlangga.

 

Seperti yang telah diketahui bersama, UNAIR sudah memiliki 6 (enam) titik penggunaan solar panel on grid system, mulai dari pengurangan beban listrik gedung hingga penerangan jalan. Penggunaan solar panel ini sejalan dengan program greenmetric yang sedang diupayakan oleh UNAIR. 

 

Sebagai informasi tambahan, on grid system adalah sistem fotovoltaik yang menghasilkan listrik hanya jika jaringan daya utilitas (PLN) tersedia. Sistem harus terhubung ke grid agar berfungsi. Sistem ini dapat mengirim kelebihan daya yang dihasilkan kembali ke jaringan ketika sel surya memproduksi daya berlebih, sehingga ada surplus untuk digunakan nanti.

 

UNAIR memilih on grid system karena memenuhi komitmen penghijauan kampus (green campus) dengan menggunakan energi ramah lingkungan, serta dapat membantu menekan biaya listrik dan biaya operasional genset. 

 

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Sarana dan Prasarana - Nugroho Sasikirono, SE.,MM. dan didampingi langsung oleh Kasi Perencanaan Direktorat Sarana dan Prasarana - Asep Devi Hirmawan, ST. 

 

Pada kesempatan kali ini, Senior Supervisor Divisi Projects ATW Solar Khusus Residential - Drajat Arianto menjadi narasumber yang akan memaparkan perawatan solar panel yang baik secara jelas dan lengkap.

 

Pemaparan materi diawali dengan pengenalan secara detail solar panel dan jenisnya, dilanjutkan dengan pengenalan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan langkah-langkah perawatan dan pemeliharaan solar panel, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

 

Pelatihan perawatan solar panel ini diadakan dengan harapan agar dapat memberikan peningkatan pemahaman kepada tendik Sarana dan Prasarana terkait perawatan dan pemeliharaan solar panel. Karena dengan adanya solar panel yang bersih dan terawat, diharapkan agar panel surya dapat bekerja maksimal dan memiliki usia pemakaian yang lebih lama.

  Kirim