Demi Berikan Pelayanan Prima, DITSARPRAS Gelar Pelatihan Personal Care
SARPRAS - Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) sukses gelar Pelatihan Personal Care guna memberikan pelayanan prima bagi seluruh pengguna layanan DITSARPRAS baik internal maupun eksternal UNAIR.
Pelatihan berlangsung dengan penuh antusias. Diikuti oleh 30 staff DITSARPRAS yang terdiri dari tim marketing, tim pengadministrasi umum, dan tim operator & teknisi, pelatihan berhasil digelar pada 25 Februari 2023 di ruang Asmat, Airlangga Sharia & Entrepreneurship Education Center (ASEEC) Tower.
Turut hadir Direktur Sarana dan Prasarana, Nugroho Sasikirono, SE.,MM., jajaran Kasi Direktorat Sarana dan Prasarana, serta Ning Monique Ani Putra sebagai pemateri Personal Care hari itu.
Dalam sambutannya, Direktur Sarana dan Prasarana - Nugroho Sasikirono menyampaikan latar belakang diselenggarakannya pelatihan ini, tujuan diselenggarakannya pelatihan ini, serta harapan agar pelayanan yang diberikan DITSARPRAS kepada pengguna merupakan pelayanan prima (excellent service), yang dapat memberikan kepuasan pada pengguna.
Pelatihan berjalan secara interaktif dan penuh tawa. Ning Monique juga aktif memancing peserta untuk memberikan respon dan bertanya, sehingga pelatihan berjalan seru dengan peserta yang menyimak materi dengan seksama.
Personal care (perawatan diri) adalah suatu tindakan dalam memelihara personal hygiene (kebersihan diri) dan personal grooming (kerapian penampilan diri).
Personal Hygiene lebih menitikberatkan pada aspek kebersihan dan kesehatan, sedangkan personal grooming lebih menitikberatkan pada aspek kerapian penampilan seseorang. Sedangkan ruang lingkup personal care sendiri terdiri dari fisik, emosional, sosial, spiritual.
Ning Monique mengatakan bahwa sikap, perilaku, atau tingkah laku seorang public service (pelayanan publik) adalah hal yang utama.
“Attitude adalah nomor satu. Sikap ramah dan sopan, serta 3S (senyum, salam, sapa) adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang public service”, ujar ning Monik.
Ia juga menyampaikan bahwa tips & trik serta prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam berpenampilan, mulai dari sikap atau pembawaan, ekspresi dan bahasa tubuh, cara berbicara, hingga cara menjaga kesehatan diri.
Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran staff DITSARPRAS terhadap personal care saat bertugas serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna internal maupun eksternal UNAIR.