Pengadaan Ruang HARVARD, Upaya UNAIR Menuju 300 QS WUR

SARPRAS - Menjadi universitas terbaik adalah impian terbesar Universitas Airlangga (UNAIR). Untuk mewujudkan mimpi tersebut, diperlukan upaya dan kerjasama semua pihak, tak terkecuali dengan Direktorat Sarana dan Prasarana (DITSARPRAS).

 

DITSARPRAS tidak pernah tanggung-tanggung dalam melaksanakan kewajibannya, termasuk dalam hal mengembangkan sarana dan prasarana berstandar internasional di sekitar lingkungan kampus.

 

Jika UNAIR mengambil langkah besar dengan meluncurkan program Doctor by Research untuk meningkatkan publikasi UNAIR di kancah internasional, demi mencapai peringkat terbaik QS WUR (World University Rankings).

 

DITSARPRAS juga turut mewujudkan mimpi besar UNAIR, dengan berpartisipasi dalam pengadaan dan pengelolaan fasilitas kampus, salah satunya Ruang HARVARD.

 

Ruang HARVARD adalah ruangan khusus yang diperuntukkan untuk proses belajar mengajar mahasiswa program Magister (S2) dan Doktoral (S3). Ruang HARVARD terdiri dari 2 ruangan, keduanya terletak di lantai 10 Gedung Airlangga Sharia’ and Entrepreneurship Education Center (ASEEC) Tower.

 

Agar penyebaran suara dapat tersebar secara merata, ruangan dikelilingi oleh lapisan-lapisan yang dapat memantulkan bunyi. Ruangan juga dilapisi dengan lapisan kedap suara agar suara tidak keluar dan memantul kembali ke dalam ruangan. Ruangan ini dilengkapi dengan AC, jaringan Wi-Fi, sound system, dan power supply (soket) di setiap meja. 

 

Susunan kursinya melengkung, menghadap ke depan ruangan, dan disusun secara bertahap (bertingkat). Hal ini dimaksudkan agar penglihatan mahasiswa tidak terhalang oleh mahasiswa di depannya (bad sightlines) dan mahasiswa dapat menerima suara secara optimal.

 

Perbedaan Ruang HARVARD I dan Ruang HARVARD II

 

Ruang HARVARD I berkapasitas 36 tempat duduk. Ruangan ini memiliki layar TV interaktif di sisi kiri dan layar TV LED di sisi kanan ruang. Perpaduan gradasi warna coklat muda, krem, dan hitam, sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas dan terkesan bersih serta nyaman saat digunakan untuk beraktivitas.

 

Ruang HARVARD I

 

Sedangkan, ruang HARVARD II berkapasitas 70 tempat duduk. Ruangan ini dilengkapi dengan podium dan monitor videotron untuk visualisasi gambar, video, bagan, diagram, dan lainnya secara lebih jelas. 

 

Berbeda dengan ruang HARVARD I, ruangan yang satu ini didominasi warna coklat tua dan muda, abu-abu tua, dan hitam. Kombinasi ini memberikan sentuhan elegan dan mewah, sekaligus memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pengguna.

 

Dengan adanya ruang HARVARD ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kontribusi mahasiswa dalam upaya membanggakan Universitas Airlangga di kancah pendidikan internasional.

  Kirim