Ruang Rapat Nyaman, Lancarkan Komunikasi dan Keberhasilan

SARPRAS - Komunikasi dan interaksi merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan kerjasama dan kolaborasi antar individu yang berbeda. Untuk menjaga dan memaksimalkan faktor tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan seperti menghadirkan meeting room (ruang rapat) yang nyaman.

 

Meeting room adalah ruang yang diperuntukkan untuk pelaksanaan agenda seperti rapat, pertemuan formal, diskusi, pelatihan, dan sejenisnya. Agar meeting room menjadi nyaman bagi pengguna, penting juga untuk menyediakan fasilitas pendukung dan desain ruangan yang sesuai.

 

Berbicara mengenai desain meeting room, Direktorat Sarana dan Prasarana Universitas Airlangga (DITSARPRAS UNAIR) memiliki beberapa meeting room dengan desain interior yang berbeda-beda, yang tentunya telah dipertimbangkan dengan matang agar dapat memberikan kenyamanan dan memaksimalkan konsentrasi pengguna.

 

DITSARPRAS memiliki 6 meeting room yang semuanya terletak di lantai 4 Gedung Airlangga Shari’a and Entrepreneurship Education Center (ASEEC) Tower.

 

6 Meeting/Training Room di ASEEC Tower

 

Ruang TORAJA

Ruangan TORAJA dapat menampung ± 15 orang dan dilengkapi dengan AC Central, koneksi WiFi, LED TV, power supply, dan water dispenser. Layout ruangan berkonsep Boardroom, yaitu ada meja panjang di tengah pengguna yang duduk saling berhadapan. 

 

Dengan cara ini, komunikasi dan interaksi antar pengguna dapat dimaksimalkan. Kursi yang berhadapan juga dapat membantu pengguna meningkatkan konsentrasi mereka dan lebih fokus pada apa yang sedang dibahas dalam agenda.

 

Ruang TORAJA

Ruang BALI

Ruang BALI dapat menampung  ± 15 orang dan dilengkapi dengan AC Central, koneksi WiFi, LED TV, power supply, water dispenser, dan fasilitas pendukung lainnya.

 

Layout ruangan BALI mirip dengan ruangan TORAJA, dengan konsep Boardroom. Namun, ruang BALI lebih cerah dan lebih berwarna, sehingga memberikan suasana yang semangat dan getaran yang lebih optimis. Modernitas cukup kuat di ruangan ini yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas.

 

Ruang BANTEN

Ruang BANTEN dapat menampung ± 20 orang. Ruang rapat ini memiliki kapasitas yang lebih besar dari dua meeting room sebelumnya, dan menyediakan fasilitas yang lebih lengkap, yaitu LED Touchscreen, sound system, dan conference microphone.

 

Sama seperti dua ruangan sebelumnya, ruangan ini juga memiliki layout Boardroom. Namun, suasana yang tercipta sangat berbeda. Perpaduan warna ivory dan brown menciptakan suasana santai dan menenangkan, namun sekaligus terlihat mewah. 

 

Beralih ke ruangan yang lebih fleksibel, karena ketiga ruangan ini tidak hanya dapat digunakan sebagai ruang rapat, tetapi juga sebagai ruang pelatihan (training room), atau agenda formal lainnya, karena kapasitas  ruang yang lebih besar.

 

Ruang DAYAK

Ruang DAYAK dapat menampung ± 42-100 orang. AC Central, koneksi WiFi, power supply, microphone, sound system, whiteboard, dan flipchart, semuanya telah tersedia.

 

Kata fleksibel dalam kalimat pembuka tidak hanya karena ruang dapat digunakan untuk berbagai agenda, tetapi juga dalam layout ruang. Jika meeting room sebelumnya telah diatur dalam layout yang tetap yaitu Boardroom, maka ruang ini dapat diatur layoutnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

 

Hanya saja, karena ruangan ini lebih banyak digunakan sebagai training room, maka layout nya lebih ke Classroom style atau Teater style. Keduanya sama sama menata kursi secara berjajar ke belakang dengan satu fokus utama menghadap ke pembicara.

 

Perbedaannya terletak pada Teater style yang menyediakan jalanan terbuka di bagian tengah, sehingga memisahkan peserta yang duduk di sisi kiri dan sisi kanan. Sedangkan, Classroom style tidak menyediakan jalanan terbuka di bagian tengah.

 

Ruang DAYAK

Ruang ROTE

Sama seperti ruang DAYAK, ruang ROTE juga dapat menampung ± 60-120 orang dengan fasilitas AC Central, koneksi WiFi, power supply, microphone, sound system, whiteboard, flipchart, dan fasilitas lainnya.

 

Dinding ruangan dikelilingi oleh lapisan yang dapat meredam suara dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk ruang DAYAK dan ruang ASMAT. Pola putih bergelombang menambah kesan mewah pada ruangan.

 

Ruang ASMAT

Ruang ASMAT dapat menampung ± 60-120 orang dan dilengkapi dengan proyektor, AC Central, koneksi WiFi, power supply, microphone, sound system, whiteboard, flipchart, dan fasilitas lainnya.

 

Ruangan ini mengusung konsep layout U-Shape, Classroom style, dan Teater style. Disebut layout U-Shape karena kursi dan meja diatur dalam bentuk huruf  “U“. Layout ini memudahkan pembicara untuk berkomunikasi dengan setiap peserta. Setiap peserta juga akan lebih mudah untuk berkontribusi dan berinteraksi satu sama lain.

 

Enam meeting room dengan fasilitas mewah dapat juga tersedia untuk di pesan publik melalui situs resmi SIPARU (Sistem Pemanfaatan Ruang Direktorat Sarana Prasarana Universitas Airlangga).

 

SIPARU

 

 

 

 

 

 

 

 

  Kirim