Optimalkan Aset, UNAIR Alih Fungsi Gedung Lama Jadi GKB

SARPRAS - Pengalihan fungsi gedung sering dilakukan untuk mengurangi waktu, biaya dan kerumitan pelaksanaannya. Universitas Airlangga (UNAIR) pun melakukan hal yang sama, mengubah gedung lama Fakultas Farmasi (Ex. Farmasi) dan Laboratorium Dasar Bersama (Ex. LDB) menjadi Gedung Kuliah Bersama (GKB) di kampus B UNAIR.

 

Alih fungsi adalah pemindahan fungsi (sumber: kbbi.web.id), kemudian untuk bangunan dengan mengubah fungsi, bentuk dan kegunaannya.

 

Pengalihan fungsi ini diawali dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor tentang pengangkatan jabatan Manajer Pengelolaan Fasilitas Perkuliahan pada November 2019.

 

Bersamaan dengan surat tersebut, Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak. mengungkapkan keinginannya terhadap konsep gedung multi fakultas.

 

Konsep gedung multi fakultas adalah gedung yang dimiliki dan dikelola secara terpusat, dan semua fakultas dapat memanfaatkan fasilitas didalamnya secara bersama, baik ruang perkuliahan, laboratorium, maupun fasilitas lainnya.

 

Konsep tersebut muncul sebagai solusi efektif dan efisien atas permasalahan yang dihadapi beberapa fakultas terkait dengan kekurangan ruang perkuliahan. Dengan adanya gedung kuliah bersama ini kendala tersebut dapat teratasi dengan baik.

 

Gedung Ex. Farmasi tiga lantai tersebut telah beroperasi sebagai GKB sejak tahun 2020, dan kini gedung tersebut telah berhasil memenuhi fungsi barunya sebagai gedung kuliah bersama.

 

Gedung Kuliah Bersama Kampus B (GKB B) - Ex. Farmasi

 

Tidak hanya itu, per September 2020 lantai 1 dan 3 gedung Ex. LDB (Laboratorium Dasar Bersama) juga berhasil dipindah fungsikan sebagai gedung kuliah bersama setelah melalui negosiasi yang panjang.

 

Selalu mengutamakan kenyamanan sivitas akademika, DITSARPRAS juga menyediakan fasilitas penunjang di lantai 1 gedung Ex. LDB adalah ruang aktivitas mahasiswa.

 

Ruang aktivitas ini tersedia bagi mahasiswa untuk berdiskusi, mengadakan pertemuan, atau berbincang santai dengan teman.

 

Transformasi gedung ini bertujuan untuk mengoptimalkan aset dan sumber daya yang ada di lingkungan UNAIR untuk kepentingan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, sekaligus sebagai bukti dukungan DITSARPRAS dalam upaya UNAIR menjadi SMART University.

 

  Kirim